Thinkway Logo
Uniknya Fashion Show di Kebun Tembakau Jember, bergaya Ala SCBD

Uniknya Fashion Show di Kebun Tembakau Jember, bergaya Ala SCBD

THINKWAY.ID – Genks! Tahu kan ajang fashion show akhir-akhir ini sedang marak diadakan di beberapa daerah di Indonesia. Tempat publik yang semula sepi, disulap menjadi tempat kumpul masyarakat, tentu ini kabar baik buat kita semua. Uniknya diadakan juga Fashion Show di Kebun Tembakau Jember.

Tren yang dimulai di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Selatan oleh Bonge, Kurma, Roy, Jeje dan kawan-kawannya dari SCBD (Sudirman, Citayam, Bojonggede, Depok) ini ternyata juga merambah daerah lain. Demam fashion show juga menjangkit Medan, Bandung, Semarang, Surabaya, Makassar, bahkan hingga ke Jember.

Oke, sekarang kita ke Jember. Di kota ini terdapat yang namanya Festival Jember Kota Cerutu Indonesia (JKCI). Gak mau ketinggalan, festival ini juga menyelenggarakan ajang fashion show. Eits, tapi berbeda dengan ajang pamer busana yang sedang viral yang diadakan di jalanan. Kali ini, diadakan fashion show di kebun tembakau. Unik kan Genks!

Bukan tanpa alasan fashion show di kebun tembakau. Asal tahu saja, Jember sejak dulu sudah dikenal dengan Kota Tembakau berkualitas istimewa. Predikat ini pun digambarkan pada logo Pemkab Jember dengan latar belakang daun tembakau dimana daun tembakau merupakan daun emas bagi masyarakat Jember.

Thinkway menghimpun data dari Balai Pengujian Sertifikasi Barang dan Lembaga Tembakau (BPSMB-LT) Provinsi Jawa Timur, sampai saat ini tembakau Indonesia memasok 37% untuk kebutuhan produsen cerutu dunia, di mana 25% di antaranya adalah tembakau dari Jember.

Pemilihan kebun tembakau sebagai arena peragaan busana, tak lain untuk menunjukkan tembakau Jember yang sudah mendunia. Selain dapat melihat indahnya busana, para pengunjung juga dapat mengetahui secara langsung bahan dasar cerutu Jember yakni daun tembakau langsung dari kebunnya.

Fashion show kali ini menampilkan karya kolaborasi Wastrabatik dalam fashion modern karya Emran Nawawi yang diperagakan oleh Raka-Raki Jawa Timur. Ada juga Gus dan Ning Jember yang memperagakan busana dalam event ini. Jenis busana yang ditampilkan bercorak daun tembakau dengan warna-warni yang segar dan model kekinian.

Sedikit info Genks! Awalnya tembakau Jember diekspor dalam bentuk bahan mentah. Kemudian, tembakau Jember dijual ke berbagai negara yang memiliki perusahaan produsen rokok atau cerutu sehingga nilai ekonomisnya kurang maksimal.

Namun dalam perkembangannya muncul perusahaan lokal Jember yang berusaha memproduksi rokok, khususnya cerutu. Bahan bakunya tembakau kualitas ekspor yaitu tembakau jenis BNO.

Tercatat 4 perusahaan cerutu di Jember yang sudah berskala nasional. Di antaranya Mangli Diaya Raya (MDR), Kopkar Kartanegara, Dwipa Nusantara Tobacco, dan PT BIN Cigar. Selain itu ada dua produsen cerutu skala internasional, yakni Burger Sohne AG dan Villinger Sohne AG. Jadi kebayang kan Genks bagaimana berkualitasnya tembakau Jember ini. Tertarik untuk ikuti fashion show di kebun tembakau tahun depan, genks?

administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.