Thinkway Logo
Belajar Mitigasi Gempa agar Sigap dalam Tanggapi Bencana

Belajar Mitigasi Gempa agar Sigap dalam Tanggapi Bencana

THINKWAY.IDGenks! Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam luar biasa yang terhampar dari Sabang sampai Merauke. Namun, di balik keindahan tersebut tersimpan juga potensi bencana mulai dari gempa hingga tsunami yang hingga saat ini masih mengancam. Maka dari itu mempelajari mitigasi gempa menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Mempelajari mitigasi gempa penting untuk dilakukan agar kesadaran diri sendiri maupun masyarakat di sekitar jadi tergugah. Sebenarnya bukan hal yang rumit kok mengingat kalian bisa mempersiapkannya dimulai dari sekarang.

Thinkway menghimpun tiga cara mitigasi gempa yang paling mudah untuk kalian lakukan. Apa saja?

Latihan Evakuasi Mitigasi Gempa

Ada istilah lama yang masih kini tetap relevan: Practice Makes Perfect. Semakin sering kalian berlatih maka semakin siap juga dalam menghadapi bencana alam. Badan nasional penanggulangan bencana (BNPB) kerap mengadakan ini di masyarakat yang tinggal di daerah rawan.

Engga perlu menunggu adanya pelatihan, kalian juga bisa melakukannya secara mandiri, genks! mulai dari menyelamatkan diri sendiri secara tanggap dan cepat dan menyelamatkan barang-barang berharga saat bencana alam terjadi di daerah kalian.

Update Informasi 

Saat ini banyak tersebar berbagai macam informasi tanggap bencana yang tersedia di media sosial. Misalnya akun twitter @BMKGid yang rutin memberikan informasi terkini terkait kebencanaan. Tak hanya medsos, kabar terkait bencana bisa kalian temukan di aplikasi semacam Info BMKG.

Pengetahuan tentang bencana jadi salah satu hal penting untuk melakukan mitigasi gempa. Semakin anda update informasi tersebut semakin anda aware terhadap lingkungan anda. Tapi ingat, jangan sampai terlalu parno yah genks!

Menyiapkan Peralatan Mitigasi Gempa

Jika kalian sudah mempersiapkan barang-barang untuk evakuasi, tentu akan mempermudah untuk menyelamatkan diri. Mulai dari sekarang persiapkan satu tas yang berisikan alat-alat survival dan juga makanan serta tempat untuk menyimpan dokumen penting saat bencana alam tiba.

Letakkan tas tersebut di kawasan rumah kalian yang bisa diakses secara cepat peringatan dini bencana muncul. Alat dan makanan ini penting untuk membuat kalian bisa bertahan hidup sampai tim SAR datang untuk menolong. Tiga acara mitigasi gempa ini mudah kan untuk dilakukan?

administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.