Thinkway Logo
Data Tembakau di Jawa Timur

Data Tembakau di Jawa Timur

Tembakau merupakan salah satu komoditas perkebunan yang mempunyai peranan strategis dalam perekonomian nasional, yakni merupakan sumber pendapatan negara melalui devisa negara, cukai, pajak, serta sumber pendapatan petani, dan juga berperan menciptakan lapangan kerja. 

Ditinjau dari aspek komersial, komoditas tersebut merupakan bahan baku industri dalam negeri sehingga keberadaannya perlu dipertahankan kontinyuitasnya dan lebih ditingkatkan. Tembakau sendiri merupakan produk yang sangat sensitif terhadap cara budidaya, lokasi tanam, musim/cuaca, dan cara pengolahan. 

Karena itu, suatu kultivar tembakau tidak akan menghasilkan kualitas yang sama apabila ditanam di tempat yang berbeda agroekosistemnya. Produk tembakau sangat khas untuk suatu daerah tertentu dan kultivar tertentu. Akibatnya, macam-macam produk tembakau biasanya dinamai sesuai lokasi tanam. 

Perusahaan perkebunan tembakau di Jawa Timur berdasarkan Direktori Perusahaan Perkebunan BPS saat ini hanya ada 2 perusahaan perkebunan yang masih aktif yaitu yang berada di Kabupaten Jember. Namun untuk perkebunan rakyat masih cukup banyak khususnya di daerah tapal kuda seperti seluruh wilayah Madura, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Tuban, Probolinggo, Situbondo, Bondowoso. 

Dari jaman dulu sampai sekarang pun, jumlah perkebunan rakyat lebih besar dibanding perusahaan perkebunan yaitu dengan perbandingan luas perkebunan rakyat sebesar 97,43 persen dan perusahaan perkebunan sebesar 2,57 persen. Menurut data Direktorat Jendral Perkebunan bahwa luas areal tanaman tembakau di Jawa Timur sebesar 108,5 ribu hektar dengan produksi sebesar 99,9 ribu ton.

Selanjutnya berdasarkan direktori perusahaan industri, banyaknya perusahaan pengolahan tembakau ada 463 perusahaan yang tersebar hampir di seluruh wilayah Jawa Timur. Artinya banyak sekali perusahaan yang membutuhkan bahan baku tembakau ini. 

Selain tembakau dibutuhkan sebagai bahan baku industri pengolahan, faktor lain yang menjadikan peranan industri pengolahan tembakau menjadi sangat trategis adalah konsumsi rokok masyarakat yang cukup besar, demikian pula ekspor tembakau yang menunjukkan peningkatan selama lima tahun terakhir,..

Silahkan unduh Analisis Data Tembakau Provinsi Jawa Timur 2016 yang diterbitkan BPS Jawa Timur

contributor

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.