Thinkway Logo
Tiga Hal yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Serial Original Netflix Gadis Kretek

Tiga Hal yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Serial Original Netflix Gadis Kretek

THINKWAY.ID – Genks! Jagad perfilman di Indonesia digemparkan dengan sebuah postingan di Twitter. Dian Sastro dan Putri Marino didapuk menjadi tokoh dalam sebuah serial garapan Netflix berjudul Gadis Kretek. Serial ini tersebut merupakan adaptasi dari sebuah novel yang berjudul sama karya Ratih Kumala yang diterbitkan tahun 2012 oleh Gramedia Pustaka Utama. 

Tentu ada beberapa masyarakat yang belum mengetahui novel Gadis Kretek ini. Pertanyaannya pasti terngiang-ngiang di kepala mereka. Apakah buku ini berkisah tentang gadis pecinta rokok kretek? Apa buku ini menceritakan perjuangan seorang gadis mencari kretek paling terenak? Atau jangan-jangan berisikan cerita gadis yang suka diurut sampai kretek-kretek? Heshh, yang pasti itu semua salah ya genks!

Pernah Mendapatkan Penghargaan

Sebelum serial ini digarap dan tayang, yuk mari kita mengenal terlebih dulu novel Gadis Kretek, genks! Pertama yang perlu kalian ketahui adalah novel ini pernah asuk dalam sepuluh besar penerima penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa pada tahun 2012. Sedangkan Ratih Kumala adalah penulis kawakan dan merupakan istri dari novelis top, Eka Kurniawan.

Bercerita Tentang Sejarah

Gadis Kretek bercerita tentang dua tokoh utama yaitu Dasiyah (Jeng Yah) dan Soeraja (Pak Raja). Soeraja merupakan salah seorang pemilik perusahaan rokok kretek yang tengah sakit keras. Di tengah kondisi tubuhnya yang lemah, Dia meminta kepada tiga anaknya Tegar, Karim dan Lebas untuk mencari Dasiyah atau Jeng Yah, si Gadis Kretek. 

Petualangan dalam mencari Gadis Kretek berjalan seru dan ada rahasia yang ditemukan oleh tiga anak Soeraja tersebut. Novel ini juga sangat kental dengan sejarah dan budaya Jawa, terkhusus mengenai pabrik-pabrik kretek di awal-awal berdirinya Indonesia. 

Terinspirasi dari Pabrik Kretek

Ratih Kumala menuturkan bahwa kisah Gadis Kretek ini berangkat dari pabrik rokok kretek kakeknya di di daerah Muntilan, Magelang, Jawa Tengah. Kekuatan cerita dalam novel ini juga tak lepas dari ratih yang di dalam suasana pabrik kretek milik keluarganya. Dia mengakui bahwa kisah yang memorable hingga Ratih dewasa adalah kebiasaan Sang kakek melinting sari tembakau yang menempel di telapak tangan setiap kali selesai merajang dan mengolah kretek dengan resep saus buatan keluarganya. 

Genks! Itulah sedikit pengetahuan singkat terkait Gadis Kretek yang akan diadaptasi oleh netflix. Kabar gembiranya lagi adalah kisah ini akan jadi serial original netflix pertama di Indonesia loh! Jadi makin ga sabar nih buat segera menonton! 

administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.