Thinkway Logo
Tiga Gaya Pemimpin Dunia Kharismatik

Tiga Gaya Pemimpin Dunia Kharismatik

THINKWAY.IDMenjadi pemimpin tentu harus menjalani sebuah konsekuensi yaitu menjadi pusat eksposur dan perhatian banyak orang. Jika gagap mengatasi hal tersebut sudah barang pasti akan sangat berpengaruh pada caranya bersikap dalam memimpin. Seperti kata orang bijak bahwa tidak semua orang siap untuk jadi pemimpin maka hanya orang-orang tertentu saja yang mampu untuk memegang Amanah tersebut. Dengan demikian orang-orang yang terpilih menjadi pemimpin pasti sudah mempersiapkan diri untuk diperhatikan khalayak luas.

Bertrand Russel seorang filsuf asal Amerika menyebutkan bahwa untuk bisa menjadi seorang pemimpin maka dibutuhkan bakat alamiah serta mampu mengasahnya dengan baik. Tak semua pemimpin memiliki kharisma tapi bisa jadi karakteristik kharismatik itu merupakan bakat alamiah yang sudah diasah sedemikian rupa. Di dunia ini banyak sekali pemimpin yang begitu kharismatik dan namanya tercatat oleh sejarah. Berikut lima pemimpin dunia yang memiliki daya tarik dan charisma yang tinggi.

Fidel Castro

Fidel Castro (Sumber Brilio)

Fidel Alejandro Castro Ruz adalah nama lengkapnya dan kita kenal dengan sosok yang sulit untuk dibunuh meski berulang kali dicoba oleh agen dan mata-mata dari Amerika Serikat. Fidel Castro adalah sosok revolusioner asal Kuba dan menjadi presiden dari negara penghasil Cerutu tersebut sejak 1976 hingga 2008. Sebelum itu pada 1959 hingga 1976 ia menjadi Perdana Menteri Kuba, dan sebelum revolusi terjadi ia menjadi pendiri dan pemimpin kelompok Gerakan 26 Juli untuk pembebasan Kuba.

Fidel Castro dikenal dengan pemimpin yang kerap tampil dengan setelan khas militer dan dengan sebatang cerutu ditangannya. Cerutu tersebut nyaris tak pernah jauh dari sosoknya dan menambah kesan gagah serta kharismatik pria kelahiran 13 Agustus 1926 ini. Gaya bicaranya lantang dan gagah dan bahkan sebelum meninggal dunia di umurnya yang tua, Fidel Castro masih terlihat kokoh tak lapuk oleh jaman.

John F Kennedy

JF Kennedy (Sumber Wikipedia)

Lahir di Brookline pada 29 Mei 1917 silam, John Fitzgerald Kennedy lahir dan tumbuh di keluarga pebisnis dan politisi. Ini sebab mengapa jiwa pemimpinnya melekat erat dengan dirinya. Menggantikan Dwight D. Eisenhower pada 1961 silam. JF Kennedy yang merupakan seorang Demokrat kemudian menjadi Presiden Amerika Serikat ke-35 bahkan di usianya yang masih muda.

JF Kennedy dikenal sebagai pemimpin yang tenang, memiliki tutur bicara yang baik, wajah yang teduh, serta guratan senyum di wajahnya nyaris tak bisa terlupakan. Fakta bahwa dia menjadi presiden Amerika Serikat terkaya sebelum dipecahkan oleh Donald Trump. Salah satu hal yang jarang diketahui adalah JF Kennedy pernah mengusulkan untuk bermitra dengan Uni Soviet untuk sebuah ekspedisi bersama ke bulan. Padahal JF Kennedy  terkenal menantang Uni Soviet pada bulan-bulan pertama masa kepresidenannya.

Jawaharlal Nehru

Jawaharlal Nehru (Sumber newworldencyclopedia.com)

Hal yang paling diingat oleh Masyarakat Indonesia dari sosok Jawaharlal Nehru adalah saat saling menyalakan sebatang rokok dengan Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno. Tapi bagi Rakyat India, Jawaharlal Nehru dikenal sebagai sosok pejuang kemerdekaan, pahlawan, serta Perdana Menteri pertama India.

Sisi kharismatik Jawaharlal Nehru sudah terlihat sejak muda saat dia aktif dalam Kongres Nasional yang memperjuangkan kemerdekaan negara dengan cara-cara non-kekerasan. Lalu pada usia tiga puluh delapan, Joe Nehru terpilih sebagai ketua Kongres Nasional India dan semakin melambungkan namanya sebagai politisi muda yang memperjuangkan kemerdekaan India. Jawaharlal Nehru memiliki gaya yang khas yaitu kerap menggunakan busana kerah dengan ujung bulat. Gaya ini kemudian kita kenal sebagai Kerah Nehru yang banyak digunakan untuk baju koko saat ini.

administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.