Thinkway Logo
Sejak Kapan Sih Tradisi Malam Mingguan Berawal?

Sejak Kapan Sih Tradisi Malam Mingguan Berawal?

THINKWAY.IDKetika memasuki akhir pekan, banyak orang yang ingin segera bergegas menuju malam minggu. Menikmati aktivitas malam mingguan dengan orang tersayang atau dengan teman-teman. Kegiatan ini rasa-rasanya sudah dilakukan selama bertahun-tahun oleh banyak umat manusia. Tapi sebenarnya kapan sih aktivitas ini bermula?

Pernahkah kalian penasaran genks? seandainya malam mingguan tuh ga pernah ada apakah orang-orang merayakannya di hari-hari yang lain? Kenapa orang-orang ga merayakan malam rabu atau malam selasa misalnya. Ini hal yang masih misterius seperti malam jumat yang sering kita lewati.

Berdasarkan data yang dihimpun thinkway, sejarah malam mingguan bermula dari era 1930an saat kelompok buruh di Amerika Serikat melakukan unjuk rasa menuntut penetapan waktu kerja dan libur bersama. Pasalnya, saat itu pabrik dan pengusaha menetapkan waktu kerja dan libur bersama yang berbeda-beda.

Jika kita melirik pada peradaban manusia di tempo dulu, memang punya waktu beristirahat yang berbeda-beda. Bangsa-bangsa di jazirah arab misalnya, menentukan Jumat sebagai waktu bagi mereka untuk libur beraktivitas. Namun untuk wilayah Amerika dan sebagian besar Eropa waktu itu menggunakan Minggu sebagai waktu untuk berlibur.

Nah, keberhasilan buruh dalam melakukan aksi besar-besaran tersebut lalu menghasilkan sebuah undang-undang di Amerika Serikat terkait penetapan hari minggu sebagai libur bersama. Dari sini kemudian bermula lahirnya aktivitas malam mingguan yang diprakarsai oleh para kelas pekerja yang memang jumlahnya sangat banyak hingga saat ini.

Catatan lain menjabarkan bahwa upaya untuk menjadikan hari minggu sebagai waktu berlibur sebenarnya sudah muncul di awal era 1900an. Saat itu serikat buruh kapas yang beragam Yahudi melakukan gerakan penuntutan hari sabtu dan minggu sebagai waktu untuk berlibur. Mengingat, hari sabtu adalah hari yang sakral bagi penganut agama yahudi untuk beribadah.

Kendati demikian tak seluruh publik di Indonesia merayakan malam mingguan. Mengingat ada beberapa daerah yang masih menjadikan hari Jumat sebagai hari libur. Contohnya di beberapa daerah yang banyak berdiri pondok pesantren seperti di Jawa Timur.

Masuknya tren malam mingguan di nusantara tak terlepas dari kebijakan kolonial di jaman penjajahan. Selepas dari penjajahan perusahaan VOC karena bangkrut pada 1799, Indonesia jatuh ke tangan Kerajaan Belanda pada 1800. Dikarenakan di Belanda hari libur adalah hari minggu, maka sistem itu diterapkan pula kepada wilayah Indonesia.

Sejak saat itu malam mingguan jadi tradisi rutinan di tiap pekan yang dilakukan oleh masyarakat di Indonesia dan di luar negeri. Tercatat oleh sejarah dan banyak syair-syair lagu terkenal. Kisah-kisah di malam minggu banyak dijadikan buku hingga diapdatasi menjadi sebuah film.

Hari ini, kalian malam mingguan di mana genks?

administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.