Thinkway Logo
Jelajah Negeri Tembakau, Wujud Nyata Anak Motor Cinta Tembakau

Jelajah Negeri Tembakau, Wujud Nyata Anak Motor Cinta Tembakau

THINKWAY.ID Genks! Berbagai cara dilakukan kelompok masyarakat untuk merayakan hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77. Mulai dari upacara, pawai, sampai berbagai macam perlombaan. Semua ini dilakukan untuk membuat suasana ulang tahun kemerdekaan meriah.

Namun, ada yang cukup unik dari perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun ini. Bikers brotherhood 1% MC Central Java Chapter merayakan hari kemerdekaan dengan puluhan petani di Desa Wonosari, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung sekaligus meluncurkan program Jelajah Negeri Tembakau. Wah sudah kebayang kan serunya?

Bikers brotherhood 1% MC Central Java Chapter menggelar upacara bendera di tengah hamparan ladang tembakau tepat pada 17 Agustus 2022 lalu. Yang bikin seru lagi, para peserta upacara yang dihadiri petani mengenakan pakaian adat Jawa lho, termasuk perangkat desa, pelajar sekolah dasar, dan ratusan komunitas pecinta sepeda motor.

Mengusung tema Independence Day Camp, kegiatan ini diramaikan kurang lebih 100 pemotor yang berasal dari berbagai penjuru di Tanah Air. Para anak motor ini pun mengaku mendapatkan kesan yang mendalam karena bisa upacara bendera di tengah ladang tembakau.

Genks! Apa yang dilakukan pecinta motor ini mendapatkan sambutan positif dari warga setempat. Kepala Desa Wonosari Agus Parmuji bilang, upacara bendera tersebut digelar sebagai wujud rasa bangga mereka terhadap ibu pertiwi, tanah air, bangsa, dan negara. Menurutnya, kegiatan ini sekaligus sebagai bentuk rasa syukur petani yang selama ini sudah dapat berkah berupa tanah yang subur serta panen yang melimpah ruah.

Oiya, Kepala Desa juga mengungkapkan dipilihnya ladang tembakau ini bukan tanpa alasan. Upacara bendera di tengah ladang tembakau ini sebagai simbol pengharapan agar para petani bisa berdaulat hidup di negara yang sangat kaya ini.

Selain itu, perayaan hari kemerdekaan di ladang tembakau juga disebut sebagai perayaan kemerdekaan para petani tembakau agar hasil panen yang diperoleh nantinya bisa melimpah dan membawa rezeki juga lho Genks!

Berdasarkan Data Badan Pusat Statistik (BPS), Jawa Tengah salah satu penghasil tembakau terbesar kedua di Indonesia. Produksi di Jawa Tengah mencapai 57,60 ribu ton pada 2021. Juara pertama tetap dipegang Jawa Timur yang menghasilkan 110,80 ribu ton.

Lalu, diikuti Nusa Tenggara Barat sebesar 53,10 ribu ton. Sedangkan, produksi tembakau di Jawa Barat dan Aceh masing-masing sebanyak 7,4 ribu ton dan 2,1 ribu ton.

Ga sampai di situ saja. Setelah upacara bendera, acara dilanjutkan dengan launching program “Jelajah Negeri Tembakau” yang rencananya akan diselenggarakan pada tahun 2023 nanti.

administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.