Thinkway Logo
Gunungan Tembakau dan 77 Bendera, Cara Unik Petani Tembakau di Boyolali Peringati Kemerdekaan Indonesia

Gunungan Tembakau dan 77 Bendera, Cara Unik Petani Tembakau di Boyolali Peringati Kemerdekaan Indonesia

THINKWAY.IDGenks! jelang hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77, suasana meriah tampak mewarnai seluruh daerah. Mulai dari umbul-umbul, tembok-tembok yang dirias ulang, rentetan agenda, pawai-pawai unik nan menarik di jalanan. Semuanya terasa meriah, tak terkecuali yang juga dilakukan oleh para petani tembakau di Boyolali.

Bertempat di Dukuh Candirejo, Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, warga di sana yang mayoritas bekerja sebagai petani tembakau menghelat kirab gunungan tembakau dan 77 merah putih. Acara ini terasa sangat meriah dan menjadi tontonan dan hiburan tersendiri bagi warga di sekitar daerah tersebut.

Setiap daerah memiliki corak dan kekhasan masing-masing dalam menyambut HUT RI yang ke-77. Keunikan tersebut biasanya tergantung letak geografis di mana mereka tinggal. Seperti biasanya yang dilakukan oleh warga pesisir yang mengadakan kirab menggunakan kapal-kapal nelayan yang juga sudah dihias sedemikian rupa.

Mengingat Warga Gedangan, Boyolali ini adalah petani tembakau, mereka melakukan kirab ini sebagai hajatan untuk dua agenda besar di waktu yang sama. Pertama adalah untuk menyambut dan memeriahkan HUT RI ke-77. Sedangkan yang kedua adalah bentuk rasa syukur mereka terhadap Tuhan atas hasil panen tembakau yang mereka dapatkan di musim tanam kali ini.

Genks, acara yang berlangsung sangat meriah banget loh! Para warga di sana mengarak gunungan dan puluhan bendera mulai dari kampung di lereng Gunung Merapi hingga situs Cagar Budaya Candi Sari.

Eits ga cuman sekali kirab ini digelar melainkan dilakukan secara dua kali. Pertama, kirab sesaji dan hasil bumi menuju situs Candi Sari. Sesaji kemudian dibawa ke halaman Candi Sari dan dilakukan doa bersama. Sedangkan kirab kedua berupa gunungan tembakau serta hasil bumi.

Dalam kirab itu ada empat gunungan tembakau, yaitu gunungan tembakau yang masih hijau, tembakau yang sudah matang, tembakau rajangan, dan gunungan tembakau krosok atau daun kering.

Kirab gunungan tembakau juga diikuti ibu-ibu yang membawa sejumlah hasil bumi, kelompok seni tari-tarian, dan 77 bendera merah-putih. Usai dikirab, ke-77 bendera tersebut kemudian dikibarkan berderet di dekat lokasi acara.

Gimana, menarik kan? Certain dong semeriah apa acara perayaan HUT RI ke-77 di daerah kalian genks?

administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.