Thinkway Logo
Gen Pembungaan Anggrek Percepat Tembakau Berbunga

Gen Pembungaan Anggrek Percepat Tembakau Berbunga

Siapa tak kenal dengan anggrek? Tanaman satu ini banyak digemari kaum hawa karena keindahan bunganya dan memiliki beragam spesies yang cukup memesona.

Namun, tahukan Anda bahwa gen pembungaan dari tanaman ini ternyata memiliki kemampuan untuk mendorong tanaman lain agar cepat berbunga. Salah satunya adalah pada tanaman tembakau.

“Gen pembungaan Phalaenopsis aprodhite Flowering locus T1 (PaFT1) bisa mempercepat pembungaan tanaman tembakau,” tutur Dra. Sri Wahyuningsih, M.Si, mahasiswa doktoral Fakultas Biologi UGM saat menyampaikan hasil penelitiannya beberapa waktu lalu di Fakultas Biologi UGM.

Dalam kegiatan diseminasi hasil penelitian Fakultas Biologi UGM, dosen FMIPA Universitas Mulawarman ini mengatakan bahwa PaFT1 meupakan gen homolog FT yang diisolasi dari Phalaenopsis aprodhite asal Taiwan. Gen ini diprediksi sebagai gen kunci dalam inisiasi pembungaan pada anggrek.

Guna mendapatkan informasi terkait fungsi gen PaFT1 dalam peningkatan kecepatan pembungaan, Wahyuningsih melakukan penelitian secara lebih mendalam. Dia ingin mengetahui secara pasti apakah gen ini dapat digunakan untuk menginduksi pembungaan secara cepat pada tanaman anggrek dan tanaman hortikultura lainnya yang mempunyai masa vegetatif panjang.

“Hasilnya menunjukkan kecepatan pembungaan tanaman tembakau transforman 24 hari lebih awal dibandingkan tanaman non transforman,” jelasnya.

Hal tersebut membuktikan bahwa transgen PaFTI yang telah terintegrasi ke dalam DNA genom tembakau secara fungsional menunjukkan percepatan pembungaan. Selain itu, hasil penelitian memperlihatkan adanya penambahan kuntum bunga tembakau.***

Sumber: UGM

contributor

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.