Thinkway Logo
Tiga Olahraga yang Mengharumkan Indonesia di Kancah Internasional

Tiga Olahraga yang Mengharumkan Indonesia di Kancah Internasional

Perolehan emas bagi Indonesia di ajang SEA Games semakin bertambah setiap harinya. Per Senin (23/5), atlet-atlet Indonesia sudah mengumpulkan 240 medali dengan rincian 69 emas, 91 perak, dan sisanya 40 perunggu. Atlet dari cabang olahraga panahan menjadi yang paling banyak menyumbangkan emas dengan total empat medali. Sebuah pencapaian yang luar biasa untuk mengharumkan nama bangsa.

Indonesia adalah negara yang luas yang memiliki jumlah penduduk yang juga besar. Di atas kertas seharusnya Indonesia tak kesulitan dalam mengumpulkan atlet-atlet berbakat yang bisa berprestasi. Namun, tak semua jenis olahraga familiar bagi masyarakat nusantara. Jika dihitung hanya beberapa cabor saja yang banyak diminati dan itupun belum tentu berprestasi di kancah internasional, sebut saja sepak bola.

Lantas pertanyaan kemudian muncul, olahraga apa saja yang sering mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Kami merangkumnya menjadi tiga cabor yang memenuhi standar untuk jawaban tersebut. Apa saja?

Badminton

Rasanya sulit untuk tidak memasukkan badminton ke dalam daftar olahraga yang mengharumkan nama indonesia di kancah internasional. Sejauh ini saja sudah ada delapan emas yang dikumpulkan dari cabor ini di ajang prestisius Olimpiade. Indonesia juga menjadi raja di kompetisi Thomas Cup dengan jumlah 14 kali juara. Sedangkan di ajang Uber Cup, atlet-atlet kita mampu merengkuh tiga kali juara.

Indonesia juga mendominasi di ajang All England serta kompetisi badminton lainnya. Belum lagi perhelatan olahraga akbar seperti Asian Games, SEA Games, dan yang lainnya. Nyaris tak ada perdebatan kalau olahraga yang ditemukan oleh Isaac Spratt ini adalah kebangaan publik di tanah air.

Panahan

Anda pernah menyaksikan film 3 Srikandi yang dibintangi oleh Bunga Citra Lestari, Chelsea Islan, dan Tara Basro? Yaps, film ini berdasarkan kisah nyata tentang perjuangan atlet panahan putri Indonesia dalam mengharumkan nama bangsa di kancah Olimpiade Seoul 1988. Tahukah anda bahwa tiga srikandi bernama Nurfitriyana Saiman, Lilies Handayani, dan Kusuma Wardhani adalah orang Indonesia pertama kali yang meraih medali (perak) di ajang Olimpiade.

Sejak saat itu, Indonesia tidak berhenti absen dalam kancah kompetisi panahan di internasional. Seperti yang disebutkan di awal, SEA Games kali ini saja sudah bisa menghasilkan empat emas dan menjadi cabor terbanyak yang menyumbang emas. Hebat kan?

e-Sport

Beberapa dari anda pasti akan kaget mengapa jenis olahraga ini yang masuk dalam daftar olahraga yang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Pasalnya cabor ini masih tergolong muda dan baru ketimbang yang lainnya. Akan tetapi Esport kini tengah digandrungi oleh publik di tanah air, kompetisinya juga berjalan sangat kompetitif. Alhasil ditambah pembinaan yang baik juga mampu menghasilkan atlet yang berkualitas juga.

Di ajang SEA Games Vietnam 2022, atlet-atlet Esport kita yang masih berusia muda mampu menyumbangkan dua medali emas dari permainan PUBG dan Free Fire, tiga medali perak (PUBG, Free Fire, Mobile Legend), serta satu medali perunggu (Cross Fire).

administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.