Thinkway Logo
Tiga Hal yang Paling Dinanti Sepulang Ibadah Haji

Tiga Hal yang Paling Dinanti Sepulang Ibadah Haji

THINKWAY.IDGenks! Bagi umat Muslim, haji merupakan salah satu ibadah yang harus ditunaikan kepada mereka yang mampu dan masuk sebagai rukun islam yang kelima. Haji adalah impian banyak umat muslim di seluruh dunia dan tiap tahunnya jutaan orang berbondong-bondong menuju ke tanah suci. Mereka meninggalkan sejenak keluarga dan kerabat yang dicintai. 

Sebulan penuh mereka menjalankan ibadah haji di tanah suci. Tentu waktu sebulan bukanlah waktu yang singkat loh. Keluarga serta orang-orang yang dicintai di kampung halaman banayak yang merindukan. Berharap keluarga yang pergi bisa menjalankan aktivitas ibadah dengan lancar dan pulang dengan selamat. 

Biasanya sepulang dari tanah suci, mereka yang beribadah akan membawakan oleh-oleh dan cinderamata untuk orang-orang di kampung halaman. Sebuah tradisi dan budaya yang lestari hingga saat ini. Oleh-oleh ini sekaligus sebagai motivasi kepada orang-orang agar tetap merawat impian dan upaya untuk bisa menyusul menunaikan ibadah haji. Inilah tiga oleh-oleh favorit dari tanah suci yang dihimpun oleh Thinkway, apa saja?

Air Zam-Zam

Kata zamzam berasal dari perkataan malaikat Jibril atau zamzamah Jibril. Air Zam-zam adalah suatu keajaiban dunia yang sudah mengalir ribuan tahun tak pernah berhenti dan telah digunakan jutaan manusia setiap bulannya. Umat Islam pasti familiar dengan air istimewa ini.  Mengingat, Air zamzam hanya memiliki tiga sumber mata air yaitu di bawah Hajar Aswad, di bawah gunung Abu Qubays dan Shafa, dan di bawah bukit Marwa.

Air Zam-zam adalah oleh-oleh paling istimewa yang dinanti oleh keluarga dan sahabat di tanah air. Mengingat mereka yang melaksanakan ibadah haji dibatasi dalam membawa air ini pulang ke Indonesia. Agar tertib menaati aturan, setiap jemaah dapat Zamzam 5 liter air zam-zam secara gratis dari pemerintah. Sudahkah pernahkah kalian mencicipi segarnya air ini, genks?

Kudapan khas Arab

Jazirah Arab boleh saja terkesan kering, akan tetapi kudapannya memiliki citarasa yang luar biasa. Acapkali, mereka yang beribadah haji membawa pulang kudapan-kudapan itu. Seperti, kurma, kacang-kacangan, buah tin, kismis, dan yang lainnya. Ada juga yang membawa makanan olahan seperti roti kurma (Ma’amoul), coklat, dan yang lainnya.

Sebenarnya tak perlu menunggu musim haji, kalian juga bisa menikmati kudapan-kudapan di atas. Saat ini sudah banyak tersedia di Indonesia. Walau demikian oleh-oleh kudapan ini yang langsung dibawakan dari Arab memiliki keistimewaan tersendiri. Dari berbagai macam kudapan tersebut kalian suka yang mana?

Mainan

Tak jarang yang membawa pulang oleh-oleh mainan untuk diberikan kepada anak, saudara yang lebih muda sepulang ibadah haji. Mainan ini modelnya macam-macam, mulai dari robot unta yang bisa bergerak sendiri, lalu mobil-mobilan, hingga yang paling memorable adalah teropong yang bisa melihat kabah. Bingung, genks?

Teropong unik ini memiliki tempat menaruh film negatif di dekat bagian lensa. Ada tombol di dekat lensa yang berguna sebagai pemutar film negatif. Jadi anda bisa melihat berbagai macam suasana di tanah suci dengan menggunakan teropong ini. Biasanya teropong ini berwarna merah cerah dengan bentuk agak kotak. Generasi 90-an pasti tahu mainan ini. Wkwkwk. 

Dari ketiga oleh-oleh tersebut tentu yang paling utama dinanti oleh keluarga dan orang yang dicintai adalah kesehatan dan keselamatan. Mengingat haji adalah ibadah yang membutuhkan energi dan fokus yang tinggi. Semoga tahun ini sanak saudara kita yang tengah beribadah haji bisa pulang dengan selamat sampai ke tanah air, amiiin!

administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.