Thinkway Logo
Tembakau Bisa Hidup Di Tanah Kering dan Berbatu

Tembakau Bisa Hidup Di Tanah Kering dan Berbatu

Tanaman tembakau punya kelebihan unik, yakni bisa tumbuh di tanah kering dan berbatu

Salah satu kelebihan tanaman tembakau adalah bisa ditanam di daerah marjinal alias tidak subur. Berbeda dengan komoditas lain yang memerlukan tanah subur yang dijamin sistem irigasi, tanaman tembakau mampu hidup subur di tanah kering dan berbatu.

“Kalau tembakau bisa ditanam di daerah kurang subur. Jadi tembakau bisa menjadi komoditas alternatif sebagai tanaman di musim kemarau di saat komoditas lain tidak baik. Di musim kemarau tembakau bisa tumbuh lebih baik,” kata Ketua Departemen Aliansi Masyarakat Tembakau Indonesia (AMTI) Hananto Wibisono.  

Sedangkan dari sisi pasar, menurutnya sektor penjualan tembakau di Indonesia memiliki peluang besar. “Sektor tembakau menyerap banyak tenaga kerja. Sektor ini serap lebih dari 6 juta orang tenaga kerja, itu yang terstruktural. Belum yang tidak terstruktur. Banyak yang bergantung pada tembakau. Ada petani tembakau, cengkih, pekerja pabriknya, dan lain-lain,” katanya.

Menurutnya, Indonesia merupakan pasar tembakau yang besar dengan produk terbesarnya jenis kretek. Rokok kretek merupakan produk tembakau asli Indonesia dan tidak dihasilkan negara lain. Rokok kretek dibuat dari tembakau dan cengkih. Sementara produk rokok dari negara lain adalah rokok putih, tanpa campuran cengkih.

“Negara lain tak puya keretek. Itu kekayaan warisan budaya juga,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, luasan lahan tembakau di Indonesia sekitar 200 ribu hektar. Namun luas lahan tersebut memerlukan peningkatan dari sisi produktivitas. Saat ini, produksi tembakai keringnya di angka 0,5-07 ton. Ia menyebut angka tersebut masih rendah dan harus ditingkatkan.

Sementara Kabid Pengolahan Pemasaran Usaha Perkebunan Yeyep Sudrajat menambahkan, kelebihan tanaman tembakau memang bisa ditanam di daerah tandus. Tanaman ini berpotensi menjadi tanaman alternatif.

“Hebatnya tembakau bisa ditanam pada tanah marjinal, mau banyak batu, ditanam tembakau tumbuh subur dan sehat. Beda dengan komoditas lain misalnya kakau harus pada tanah yang betul-betul diolah dan dipelihara seperti bayi,” katanya.Bahkan di tahan berbatu, hasil tanaman tembakau bisa tetap bagus. Kelebihan lain, tanaman tembakau bisa dimanfaatkan dari pucuk sampai dahan terbawah. Karena itu, Dinas Perkebunan Jawa Barat mendukung penuh pertanian tembakau. [Iman]

contributor

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.