Thinkway Logo
Sport Tourism di Kota Baru Parahyangan

Sport Tourism di Kota Baru Parahyangan

Pelari menjumpai sejumlah kejutan di sepanjang rute, di antaranya spectators yang akan menampilkan budaya khas Sunda, Dogdog Lojor, serta juga water shower.

Kota Baru Parahyangan menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Bandung Barat. Kota yang mengusung konsep pendidikan ini menjadi ajang Unpar Half Marathon 2019 yang digelar Alumni Universitas Khatolik Parahyangan (Unpar) Bandung, Minggu (11/2/2019).

Ajang maraton yang diikuti ribuan peserta itu diharapakan mendorong Kabupaten Bandung Barat maupun Jawa Barat umumnya menjadi sport tourism andalan.

Unpar Half Marathon 2019 diikuti pula Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Walikota Bogor Bima Arya. Gubernur mengatakan, hidup harus seimbang antara lahir dan batin. Sesuai dengan petikan pada lagu Indonesia raya yaitu “bangunlah jiwanya bangunlah badannya”, artinya selain rohani fisik juga harus tetap sehat.

Marathon di Kota Baru Parahyangan.

Ia mendukung setiap inisiasi masyarakat dan lembaga yang secara langsung tidak langsung mempromosikan pesona Jawa Barat melalui salah satunya sport tourism. Seperti pada ajang kali ini, pelari menjumpai sejumlah kejutan di sepanjang rute, di antaranya spectators yang akan menampilkan budaya khas Sunda, Dogdog Lojor, serta juga water shower bagi pelari 21K.

Unpar Half Marathon 2019 senidir mengambil kategori 5K dimulai pukul 05.00 pagi. Acara ini diikuti 3.200 pelari termasuk.

Maraton itu dilatarbelakangi pemandangan indah kawasan Kota Baru Parahyangan yang juga menjadikan hiburan visual sebagai daya tarik kota. Salah satu ikon kota di kawasan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat itu, ialah Puspa Iptek Sundial. 

Dikutip dari laman resminya, Puspa Iptek Sundial yaitu wahana pendidikan yang diresmikan pada 11 Mei 2002, bertepatan dengan momen Hari Pendidikan Nasional.Keberadaan Puspa Iptek Sundial merupakan upaya penting bagi perwujudan Kota Baru Parahyangan sebagai Kota Mandiri yang berwawasan pendidikan. Mulai 2013 area alat peraga di Puspa Iptek Sundial juga diperluas serta fasilitasnya diperlengkap, seiring dengan semakin tingginya minat dan kepedulian masyarakat terhadap sains dan teknologi. [Iman] 

contributor

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.