Thinkway Logo
NewJeans, Girl Grup Role Model untuk Generasi 90 dan 2000-an

NewJeans, Girl Grup Role Model untuk Generasi 90 dan 2000-an

THINKWAY.ID NewJeans, grup K-Pop yang relatif baru di industri musik, mendadak populer di kalangan warganet khususnya penggemar musik Korea, setelah comeback lewat rilisan lagu barunya, berjudul “OMG”.

Video klip berkonsep pasien rumah sakit jiwa tersebut sudah tembus 13 juta view, padahal baru dirilis pada Senin (2/1) lalu. Pada hari pertama tayang saja, lagu tersebut telah dilihat 7,2 juta akun.

Apa sebenarnya yang membuat NewJeans begitu populer tanpa clickbait yang berlebihan?

Profil NewJeans

Penulisan yang benar untuk grup ini memang disengaja tanpa spasi, tapi belum diketahui pasti makna filosofis dari hal tersebut. Yang jelas, NewJeans berarti (celana) jeans baru, yang jadi ikon fashion abadi dunia untuk tiap generasi.

Grup yang beranggotakan lima orang ini sebelumnya telah melakukan debut pada 22 Juli tahun lalu, dengan single utama bertajuk “Attention”. Disusul dengan perilisan mini album debut pada awal Agustus 2022.

Album debut mereka sukses terjual sebanyak 262.815 eksemplar pada hari pertama perilisan, membuatnya menjadi girl group K-Pop dengan penjualan album terbanyak sepanjang sejarah di Hanteo, perusahaan khusus pencatatan musik Korea Selatan selama lebih dari 30 tahun. Perhitungannya menggunakan peringkat rekaman fisik tahunan dengan menjumlahkan penjualan dari sekitar 1.100 toko rilisan fisik dari seluruh dunia.

Uniknya, mereka bernaung di label kecil, bahkan masih independen bernama ADOR, di bawah naungan HYBE. Kelima membernya yaitu Minji, Hanni, Danielle, Haerin, dan Hyein. Semuanya dalam kisaran usia 14-18 tahun, dari berbagai kewarganegaraan.

NewJeans mengusung genre Pop R&B yang terkesan modern dan easy listening, minim distorsi dan minim “jedag-jedug” ala musik Korea modern generasi ke-4. Terkadang, warna music mereka khas 2000-an yang estetik dan enak didengarkan.

Persona dan Ciri Utama NewJeans

Grup ini menawarkan konsep berbeda pada penggemar, dengan style unik Y2K dan lagu-lagu yang catchy. Gaya Y2K diambil dari singkatan “Year 2000” yang berarti awal dari era baru. Fashion atau gaya berpakaian Y2K punya ciri khas dari perpaduan budaya pop millennium dan kemajuan teknologi terbaru, di awal masa kemunculannya. Video-video musik yang dirilis NewJeans kental dengan nuansa retro ala 90-an.

Bahkan saat menghadiri sebuah penghargaan 37th Golden Disc Awards di Bangkok, para membernya tidak heboh mengenakan gaun-gaun cantik, tapi malah lebih terlihat seperti para remaja perempuan yang sedang jalan-jalan ke mall, misalnya crop top cerah dipadukan dengan jeans, sebuah pilihan fashion yang abadi. Seolah-olah mereka diberi kebebasan untuk menjalani fase usia mereka dan jadi diri sendiri.

Gaya rambut para membernya juga tak neko-neko, seperti layaknya remaja seusia mereka. Ini dipadukan dengan pas pada gaya make-up mereka yang cenderung fresh tapi natural, selayaknya anak sekolah.

Hal itu membuat NewJeans berhasil mengambil pasar tak hanya untuk anak muda seusia mereka, tapi juga orang-orang yang mengalami masa emas hidup pada era 1990-an akhir dan 2000-an. Mereka disebut-sebut merupakan kombinasi yang pas antara Y2K dengan gaya Gen Z.

Manajemen belakang layar grup ini terbilang cerdas, karena mampu mengangkat pamor NewJeans tanpa promosi jor-joran. NewJeans sengaja disiapkan sebagai role model baru remaja perempuan. Karena kepopulerannya yang instan namun berkualitas, harga saham HYBE menjadi meroket.

Konsep yang segar ini dikuti dengan aura dan persona yang sengaja di-branding oleh manajemen pada tiap member NewJeans. Vibe coming of age alias kehidupan remaja dalam tiap video klipnya bikin orang kepincut. Tarian yang biasanya jadi komponen wajib pada grup-grup Korean ditampilkan tidak rumit dan elegan oleh grup ini.

Kalau selama ini girl group K-Pop banyak yang mengambil persona “girl crush” atau dambaan remaja pria, maka NewJeans tidak berporos pada itu. NewJeans seolah bisa jadi alter ego para penggemarnya dengan kehidupan normal sehari-hari remaja sesuai fase usia mereka. Punya circle yang sehat dan menyenangkan, produktif, kreatif, tapi tak lupa bersenang-senang. Selipan kisah asmara diselipkan sewajarnya.

Ternyata ada sosok yang paling bertanggung jawab pada kesuksesan NewJeans, yakni Min Hee Jin. CEO ADOR ini merupakan eks direktur kreatif agensi SM Entertainment yang telah mempopulerkan Girls Generation (SNSD), f(x), SHINee, dan Red Velvet. Salah satu ciri khas yang ia sematkan pada NewJeans adalah video musik yang langsung dirilis tanpa teaser. Ini justru jadi marketing yang sukses untuk NewJeans. Penggemar akan penasaran karena minim clue alias petunjuk.

Prestasi dan Penghargaan

Jumlah lima lagu di awal karier NewJeans cukup mengantar mereka meraih beberapa penghargaan, karena behasil populer dalam beberapa platform musik daring. Untuk lagu “Hype Boy” pada platform Spotify saja, telah didengarkan lebih dari 154 juta kali.

Tampaknya genre yang tak biasa dan tak terlalu “jedag-jedug” menjadi alasan utama penggemar menyukai lagu-lagu NewJeans. Lagu-lagu semacam ini cocok didengarkan pada berbagai suasana. Kritikus musik banyak yang menyebut kehadiran NewJeans jadi angin segar dan memberi opsi baru untuk penggemar musik K-Pop.

Maka tak heran, NewJeans meraih beberapa penghargaan. Diluar pemecahan rekor untuk penjualan rilis fisik terbanyak di Hanteo, mereka berhasil menyabet penghargaan sebagai Hot Rookie dari The-K Billboard Awards dan Rookie of the Year dari Asia Artist Awards 2022.

Kepopuleran instan yang mereka raih juga membuat masing-masing membernya ketiban durian runtuh karena dipilih secara resmi menjadi Global Brand Ambassador untuk merk-merk fashion raksasa dunia seperti Louis Vitton, Gucci, Chanel, dan Burberry.

administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.