Thinkway Logo
Masuk Musim Hujan Nih, Persiapkan Beberapa Hal Ini Genks!

Masuk Musim Hujan Nih, Persiapkan Beberapa Hal Ini Genks!

THINKWAY.ID – Musim penghujan telah tiba. Intensitas hujan turun cukup sering dan membasahi daerah – daerah di Indonesia tanpa terkecuali ibukota. Turunnya hujan kerap menimbulkan kemacetan kecil, biasanya kemacetan ini dikarenakan dua hal; pertama adalah para pengendara motor yang mempersiapkan jas hujan, kedua mereka yang tidak membawa jas hujan menepi sejenak untuk berteduh di pinggir jalan.

Sebagai masyarakat Indonesia tentu kata hujan bukanlah sesuatu yang asing. Mengingat hanya ada dua musim di negeri khatulistiwa ini yaitu musim kemarau dan hujan. Kendati hanya dua musim, namun justru sebagian besar masyarakat yang kurang kesiapannya dalam mengantisipasi jika musim hujan tiba.

Nah genks! agar kalian tidak kebasahan saat hujan maka ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Beberapa hal ini patut untuk anda sediakan kapan saja mengingat intensitas hujan yang tak menentu turun di Indonesia belakangan waktu ini.

Info BMKG

Kadang ada saja yang mengabaikan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Padahal secara keilmuan BMKG punya prediksi yang lumayan presisi dalam memberitahukan kapan hujan turun atau tidak. Baiknya, mulai dari sekarang untuk mulai memerhatikan informasi dari BMKG.

Informasi ini bisa anda temukan di media sosial dan website milik BMKG. Di sana tersedia lengkap informasi tentang iklim di Indonesia, prediksi cuaca, dan tak hanya itu peringatan gempa dan tsunami juga dapat anda dapatkan. Lebih mudahnya lagi, kalian bisa unduh aplikasi Info BMKG untuk mendapatkan laporan yang uptodate. 

Alat Penangkal Basah

Emang apaan sih alat penangkal basah? tenang genks! istilah ini tuh merujuk pada alat yang digunakan agar kalian tidak kebasahan saat hujan turun. Alat-alat tersebut seperti payung, jas hujan, jas sepatu anti air, dan bahkan daun pisang juga bisa dijadikan medium untuk menjaga anda dari air hujan yang turun.

Pilih alat yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Jika kalian adalah seorang pengguna kendaraan beroda dua seperti motor atau sepeda maka gunakan jas hujan untuk menangkal basah. Jangan memilih payung karena justru akan membuat kalian ribet sendiri nantinya wkwkwkwk.

Obat-obatan

Tahu nggak kalian genks kalau ternyata ada orang-orang yang alergi sama air hujan. Dilansir dari kompas.com, alergi terhadap air ini bernama aquagenic urtikaria.  Alergi ini bisa dipicu oleh air hujan, salju, keringat atau malah air mata. Gejalanya, kulit akan muncul ruam-ruam parah disertai gatal. Dengan demikian obat-obatan jelas dibutuhkan untuk mengatasi hal ini.

Selain itu kalian tetap perlu untuk mempersiapkan obat-obatan seperti vitamin ketika hujan turun. Mengingat intensitas hujan yang tak terprediksi maka bisa berpengaruh kepada metabolisme tubuh. Sekarang hujan, besok panas, begitu dan seterusnya. Agar tidak jatuh sakit dan tetap bisa produktif alangkah baiknya penting untuk mempersiapkan vitamin yang anda butuhkan. 

administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.