Thinkway Logo
Genks, Ini Manfaat Tembakau Mengobati Penyakit PMK pada Sapi

Genks, Ini Manfaat Tembakau Mengobati Penyakit PMK pada Sapi

THINKWAY.IDGenks! menjelang hari raya kurban yang jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022, para peternak dan pedagang sapi lagi khawatir banget nih sama penyakit mulut dan kuku (PMK) yang lagi menyebar. Berbagai cara diupayakan oleh pemerintah dan masyarakat agar wabah ini tak menyebar lebih cepat dan jauh. Salah satunya yang dilakukan oleh para peternak di Sumedang, Jawa Barat yang berinovasi menjadikan tembakau sebagai obat penawarnya.

Tembakau memang punya segudang khasiat yang jarang diketahui banyak orang. Seperti yang dilakukan oleh para peternak di Sumedang menggunakan air rebusan tembakau untuk penyembuhan sapi mereka yang terkena PMK. Cara ini bahkan mendapatkan apresiasi oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

Cara membuat air rebusan tembakau penangkal PMK terbilang cukup sederhana. Berbahan dasar tembakau yang direbus dengan campuran gula merah, bawang putih, serta larutan penyegar. Seluruh bahan tersebut dimasak hingga larut dan matang. Setelah itu dinginkan sejenak dan dibasuhkan pada luka-luka yang ada pada sapi ternak.

Ramuan air rebusan tembakau tersebut ternyata memiliki tingkat kesembuhan yang tinggi hingga 98 persen. Bahkan salah satu peternak di Sumedang yang juga memiliki unit usaha CJM Farm, Dio Wicaksono Adi bercerita bahwa ramuan tersebut sangat cepat dan efektif dalam menangkal PMK yang menjangkit pada sapi mereka.

Syahrul Yasin Limpo memuji langkah yang dilakukan oleh peternak yang berhasil meracik ramuan jamu air rebusan tembakau untuk menangkal PMK. Dia menyebut bahwa segala upaya harus dilakukan agar penyebaran penyakit ini tak semakin menyebar luas. silakan petaninya sendiri yang berbicara. Yang jelas intervensi kita untuk menghadirkan obat-obatan, vaksin, sekaligus dokter-dokternya sudah maksimal,” jelasnya dikutip thinkway.id dari Tribun Jabar.

Penemuan ini juga semakin menambah daftar kebermanfaatan tembakau. Sejarah yang diceritakan oleh swedish.org menulis bahwa embakau digunakan sebagai obat untuk semua penyembuhan, untuk membalut luka, mengurangi rasa sakit, dan bahkan untuk sakit gigi.

Tidak hanya itu, peneliti di ilmuwan di University of Central Florida biomedical menemukan manfaat tembakau untuk mencegah diabetes. Mereka mendapati bahwa insulin suatu hari nanti dapat ditanam di tanaman yang dimodifikasi secara genetik, termasuk tanaman tembakau. Kemudian manfaat tembakau ini digunakan untuk mencegah diabetes sebelum gejala muncul atau untuk mengobati kondisi tersebut pada tahap selanjutnya.

Sungguh banyak anugerah Tuhan dari satu tumbuhan bernama tembakau. Menurut kalian manfaat apa saja yang kalian sudah dapatkan dari tanaman ini, Genks?

administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.