Thinkway Logo
Cara Memilih Bibit Cengkeh Siap Tanam

Cara Memilih Bibit Cengkeh Siap Tanam

Cengkeh atau cengkih merupakan tanaman asli nusantara. Tanaman ini berasal dari Pulau Maluku, kemudian menyebar di daratan Indonesia lainnya hingga ke manca negara seperti Bangladesh, Sri Lanka, Pakistan, dan banyak lagi. Cengkeh merupakan salah satu jenis tanaman rempah yang memiliki banyak manfaat.

Bagian yang sering dimanfaatkan dari tanaman cengkeh adalah bagian kuncup bunganya. Biasanya akan melalui proses pengeringan terlebih dahulu sebelum akhirnya dikonsumsi atau digunakan. Kuncup bunga dari tanaman inilah yang seringkali disebut oleh masyarakat sebagai cengkeh.

Cengkih biasa digunakan sebagai penambah cita rasa makanan maupun minuman. Sensasinya yang hangat dan pedas cukup digemari oleh kalangan masyarakat, terutama yang tinggal di daerah dingin. Di samping itu, cengkeh juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh karena diketahui mengandung fosfor, zat besi, magnesium, kalsium, kalium, seng, natrium, dan vitamin.

Beberapa manfaat cengkeh untuk tubuh adalah menyehatkan jantung, melancarkan pencernaan, sebagai anti-oksidan, mengatasi radang, dan mengatasi rasa nyeri karena sakit gigi. Manfaat yang begitu luar biasa dari rempah-rempah berwarna cokelat ini membuatnya cukup istimewa sehingga menarik banyak peminat untuk membudidayakannya, terlebih karena rempah ini memang berasal dari Indonesia. Iklim tropis yang dimiliki oleh Indonesia menjadi poin penting penunjang pertumbuhan cengkeh.

Harga cengkeh di pasaran diketahui cukup stabil dengan permintaan konsumen terhadap rempah ini juga meningkat. Cengkeh dapat disimpan dalam kurun waktu yang relatif lama dan kualitasnya juga tidak menurun. Cukup menjanjikan untuk dikembangkan sebagai peluang usaha.

Berikut adalah cara menanam cengkeh agar cepat berbuah. Pertama, persiapan bibit cengkeh. Cara pertama untuk mendapatkan tanaman cengkeh agar cepat berbuah adalah dengan memilih bibit unggul cengkeh.

Bibit cengkeh bisa didapatkan dengan membeli langsung benihnya, atau dengan memanfaatkan buah cengkeh yang dimiliki. Untuk buah cengkeh yang dianjurkan adalah buah cengkeh yang sudah tua, berwarna ungu kehitaman. Pastikan bahwa buah cengkeh yang dipilih memang merupakan buah yang telah masak di pohonnya.

Apabila sudah mendapatkan buah yang berkualitas, maka tahap berikut adalah memanfaatkan biji buahnya sebagai bibit. Cara mendapatkan bibit cengkeh dari buahnya dapat dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu: kupas kulit buah cengkeh dengan hati-hati, pastikan bijinya tidak lecet atau luka, dan keluarkan biji-biji yang ada di dalam buah.

Selanjutnya, hindari biji yang terlalu kecil atau pun yang memiliki bercak hitam, rendam biji yang terpilih dengan air selama satu hari, cucilah biji cengkeh dengan air dan ulangi pencucian sebanyak dua sampai tiga kali hingga lendir-lendir pada biji tidak ada lagi yang menempel.***

Sumber: Agronet

contributor

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.