Thinkway Logo
Satu Hari Tanpa Tembakau Sedunia, 364 Hari Selebihnya untuk Tembakau

Satu Hari Tanpa Tembakau Sedunia, 364 Hari Selebihnya untuk Tembakau

THINKWAY.IDDi antara hari-hari penting yang diperingati di dunia, hari tanpa tembakau sedunia (HTTS) menjadi peringatan yang paling tidak penting. Soalnya peringatan tersebut isinya cuma mendiskreditkan ekosistem pertembakauan yang selama ini berkontribusi besar bagi ekonomi, sosial, dan budaya, terutama di Indonesia.

Asal-usul peringatan HTTS yang diperingati setiap tanggal 31 Mei bermula dari seruan WHO (World Health Organization) pada tahun 1988 kepada seluruh negara anggotanya untuk merayakan World No Tobacco Day.

Ada yang menarik dari setiap peringatan HTTS, yakni tema yang selalu berubah-ubah setiap tahunnya. Dari tema-tema yang diusung, substansinya sih sebenarnya sama-sama aja bertujuan untuk mengajak orang berhenti merokok. Nah kalau substansinya begitu, terus kenapa ribet-ribet bikin tema yang menjelek-jelekan ekosistem pertembakauan?

Padahal tanaman tembakau jelas-jelas tidak pernah dilarang untuk ditanam, terus produk-produk hasil tembakau juga legal untuk dikonsumsi, jadi kenapa harus dijelek-jelekkan dalam setiap peringatan HTTS? Gak kebayang sih gimana perasaan enam juta petani tembakau yang bergantung hidup dari komoditas ini, pasti mereka sedih banget.

Di Indonesia, tanaman tembakau sendiri bukan sekedar dibudidayakan, tetapi juga menjadi sumber mata pencaharian banyak orang. Sebut saja beberapa daerah yang mayoritas menggantungkan hidup dari tembakau, ada Madura, Jember, Temanggung, dan Nusa Tenggara Barat.

Terus kalau bukan dari tembakau, mau hidup dari sektor apa lagi? Ada yang bilang: “Ya ganti aja ke komoditas lain, kan banyak pilihan selain tembakau.” Eits tidak semudah itu Ferguso, yang namanya bertani itu bukan kayak orang kerja kantoran bisa pindah-pindah.

Ada faktor kecocokan lahan, pengetahuan budidaya, karakter suhu dan cuaca yang setiap daerah gak bisa disamain satu dengan yang lainnya. Petani itu udah ngerti sama pilihan komoditas yang mereka tanam dan itu sudah jadi local wisdom mereka.

Ya intinya sih soal peringatan HTTS gak usahlah sampai mendiskreditkan ekosistem pertembakauan, yang normal-normal aja. Lagian juga publik mah ngeliat peringatan HTTS sederhana aja, kalau ada satu  hari tanpa tembakau, kan masih ada 364 hari lain dalam setahun untuk tembakau. Gitu aja kok repot.

administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.