Ingin Paru-Paru Tetap Sehat? Lakukan Tiga Olahraga Ini!

Ingin Paru-Paru Tetap Sehat? Lakukan Tiga Olahraga Ini!

Menjaga tubuh yang merupakan anugerah Tuhan adalah sebuah kewajiban genks! Siapapun dengan kondisi apapun wajib untuk melakukannya. Cara menjaganya ada berbagai macam dan tergantung tingkat keinginan anda dalam melakukannya. Salah satu yang paling umum untuk dilakukan adalah dengan berolahraga.

Masalahnya adalah ga semua orang itu menyukai aktivitas berolahraga. World Heart Organization (WHO) saja menyebutkan bahwa ada sekitar 81% remaja berusia 11-17 tahun tidak melakukan olahraga minimal satu jam per hari. Ada beberapa faktor yang membuat mereka malas untuk berolahraga. Tapi asumsi gue sih pasti karena mereka menganggap bahwa olahraga itu tidak menyenangkan.

Iya sih, olahraga itu ga semudah kongkow-kongkow sambil gibahin temen di café. Olahraga juga semenyenankan staycation bareng fwbmu di hotel. Tapi percayalah ini hanya tentang anda yang belum menemukan olahraga yang tepat dan menyenangkan untuk dilakukan. Oke! Biar anda tertarik, kita kasih tiga aktivitas olahtubuh yang fun untuk dilakukan!

Renang

Jauhin ekspektasimu kalau kamu harus berenang kayak atlit professional! Engga, kamu ga perlu berenang seperti Richard Sambera. Cukup dengan melakukan pergerakan renang yang santai di kolam yang tidak terlalu besar sudah cukup untuk kamu lakukan. Agar lebih menyenangkan maka anda bisa lakukan dengan teman-teman atau orang tersayangmu.

Agar tidak kram, sebelum berenang maka lakukan terlebih dahulu pemanasan. Oya, aktivitas pemanasan ini berlaku untuk olahraga apa saja ya. Sambil renang, kamu bisa juga kok melakukan aktivitas-aktivitas kecil yang menyenangkan seperti adu menyelam beberapa detik, ciprat-cipratan air, menatap indahnya mata pasanganmu saat sama-sama di air dan diakhiri dengan makan sarapan bersama di pinggir kolam. Asyik kan?

Latihan Pernapasan

Paru-paru merupakan organ respirasi (pernapasan) yang berhubungan dengan sistem pernapasan dan sirkulasi (peredaran darah) dalam tubuh vertebrata yang bernapas dengan udara. Maka salah satu olahraga yang bisa kamu lakukan dengan mudah adalah dengan melakukan Latihan pernapasan. Caranya banyak kok agar tetap bisa dilakukan dengan menyenangkan.

Bagi kaum rebahan, kamu bisa melakukannya sambil berbaring. Pertama, telentang dengan kedua lutut ditekuk dan kepala disangga bantal. Letakkan satu tangan di dada atas dan satunya lagi di bawah tulang dada (perut bagian atas) untuk merasakan gerakan diagframa. Perlahan tarik napas lewat hidung dan hembuskan napas lewat bibir yang mengerucut. Rasakan pergerakan diagframa dan usahakan bagian dada atas tetap diam selama mempraktikkan latihan pernapasan ini. Coba deh!

Jalan Kaki

Ini adalah cara yang paling mudah dan murah untuk dilakukan asal kamu tidak melakukannya di Tokyo atau Kathmandu. Sejatinya, jalan kaki adalah aktivitas harian yang wajib untuk kamu lakukan. Entah itu saat kamu berangkat menuju ke kantor atau ke toko kelontong untuk membeli sesuatu. Ada banyak variasi jalan kaki yang bisa kamu lakukan agar tetap terlihat menyenangkan.

Misalnya jalan-jalan di Hutan Kota Senayan sambil menggengam tangan kekasih kamu. Bagi yang jomblo, bisa juga kok jalan kaki di trotoar Sudirman sama temen-temen sambil foto-foto buat memenuhi kebutuhan social butterfly kamu di medsos. Bisa juga kamu lakukan di sekitar rumah sambil memantau siapa tau ada anak tetanngga yang bisa kamu taksir. Asal kamu melakukan aktivitas jalan kaki ini secara rutin maka paru-paru kamu juga akan semakin sehat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.