Pusat pendidikan dan kebudayaan Prancis, IFI Bandung, menggelar acara Malam Ide bertajuk “Apa Yang Kita Nantikan?”. Acara ini merupakan sebuah diskusi yang menghadirkan tokoh dengan latar belakang seni, sosial, lingkungan hidup.

Diskusi akan digelar Kamis (31/1/2019) pukul 16.00 WIB di IFI Bandung, Jalan Purnarman, Bandung.

Para pembicara untuk diskusi tersebut adalah Rendy Aditya Wachid yang merupakan pendiri Parongpong Recycle & Waste Management.Rendy menginisiasi gerakan Parongpong Zero Waste High Performance Habitat di tahun 2022. Ia akan membahas aktivisme mengenai lingkungan hidup dan pengolahan sampah.

Berikutnya, Airin Efferin yang merupakan Co-Founder Bandung Philharmonic Orchestra, yang akan bercerita akan bercerita dan mengisi panel diskusi tentang advokasinya terhadap isu seni yang ia wujudkan dalam bentuk Bandung Philharmonic Orchestra.

Pembicara selanjutnya, Wawan Gunawan sebagai representasi dari organisasi Jaringan Kerja Antar Umat Beragama (JAKATARUB) akan mengangkat isu toleransi.

Lalu, Shofwan Alfirobby dari Padjadjaran Resource Center on Gender and Human Rights Studies (PadGHRS). PadGHRS merupakan organisasi independen yang didirikan oleh mahasiwa lintas jurusan lintas fakultas di Universitas Padjadjaran yang bergerak pada bidang kajian dan isu gender dan hak asasi manusia.

Penanggung Jawab Bidang Kebudayaan & Komunikasi IFI Bandung, Ricky Arnold, menjelaskan, diskusi “Apa Yang Kita Nantikan?” merupakan bagian dari program La Nuit des Idées atau Malam Ide 2019 yang mengambil tema “Menghadapi Masa Kini”.

Menurut Ricky, tahun ini Malam Ide mengambil tema “Menghadapi Masa Kini” dan akan mempertemukan tokoh-tokoh internasional, cendekiawan, peneliti, pengusaha,  untuk bertukar pikiran dari lokasi-lokasi acara yang tersebar di 5 benua.

Tema ini merupakan tema besar yang dapat diturunkan dalam berbagai tema kecil. “IFI Bandung memutuskan untuk menyoroti tema filosofis “Apa Yang Kita Nantikan?” dengan mengundang sejumlah tokoh dari bidang yang beragam: seni, sosial, lingkungan hidup,” jelas Ricky, kepada Thinkway.id. [Iman]