Tidak kalah dengan Madura atau Jember yang sudah menjadi sentra komoditas tembakau, Kabupaten Nganjuk ternyata juga memiliki potensi besar menghasilkan tembakau berkualitas bagus. Bulan ini para petani tembakau di Nganjuk memasuki panen raya, yang ditandai dengan awal panen tembakau di sawah jenis Jawa dan Kasturi oleh Plt Bupati Nganjuk. H Marhaen Djumadi, Selasa 19 Oktober 2021 lalu.

Belum diketahui berapa kapasitas panen Oktober ini, tetapi Marhaen menyambut baik panen tembakau yang termasuk sukses kali ini. Pejabat yang disapa Kang Marhaen ini mengatakan, panen raya tembakau saat ini merupakan bentuk dukungan pemda kepada para petani tembakau.

Selain itu, panen raya juga sebagai bentuk apresiasi agar para petani tembakau semakin bersemangat dan meningkatkan hasil pertaniannya.

“Dari kualitas tembakau yang bagus terlebih di musim kemarau sekarang ini, diharapkan petani bisa sejahtera dengan harga yang baik dan menguntungkan. Kami senang hasil panen tembakau tahun ini cukup baik, khususnya di Desa Jatipunggur ini tembakaunya sangat bagus,” kata Marhaen saat panen raya tembakau di Desa Jatipunggur, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Nganjuk.

Dijelaskan Marhaen, pertanian merupakan salah satu sektor yang tahan banting sekaligus menjadi penyangga perekonomian daerah. Hal itu terbukti dengan pertanian yang mampu beradaptasi dan menerobos tantangan di era pandemi Covid-19.

Untuk itu, dikatakan Marhaen, panen raya tembakau kali ini sebagai salah satu wujud komitmen bersama pihak terkait dengan pemberian bukti dan menjawab tantangan di sektor pertanian, khususnya petani tembakau.

“Jangan tinggalkan kebiasaan bergotong royong di antara petani bersama pemerintah desa dan Dinas Pertanian serta pihak lainya. Karena dengan kebersamaan dan konsistensi sebagai modal memajukan Pertanian di Kabupaten Nganjuk,” ujar Marhaen.

Karena itu, tambah Marhaen, pihaknya berharap para petani di Nganjuk tidak mudah menyerah dengan kondisi alam yang mempengaruhi pertanian dan harga hasil pertanian. Karena bagaimanapun bisa dipastikan ada solusi bila ada permasalahan di sektor pertanian.

“Dan Pemkab Nganjuk senantiasa memberikan dorongan dan motivasi kepada petani dengan berbagai kebijakan pro petani dalam usaha pertanian yang lebih maju dan berkembang. Salah satunya petani tembakau yang terus kami motivasi dan dorong untuk meningkatkan hasil tanaman tembakaunya yang berkualitas lebih baik,” tutur Marhaen. (sumber berita: Surya.co.id/Ahmad Amru Muiz)