Satu lagi produk kuliner khas Bandung, namanya, Bolu Susu Lembang. Produk ini menunjukkan bahwa susu bisa dibikin pelbagai panganan menarik selain diminum tentunya. Bolu kukus ini mudah ditemukan di banyak tempat di Bandung, bahkan penjualan yang pakai mobil (food truck) pun marak.

Penjual bolu susu ini misalnya bisa ditemukan di Kiaracondong, bahkan di kawasan Rancaekek dan Bojongsiang, Kabupaten Bandung. Sementara pusatnya tentu saja ada di daerah wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Salah seorang penjual Bolu Susu Lembang dengan food truck ialah Bobby, yang berjualan pakai mobil Land Rover di kawasan Rancaekek. Di atas bak mobil gunung tersebut, pengusaha dekorasi ini memajang bolu susu berbagai varian, yakni Original, Susu Cokelat, dan Susu Vanila.

“Saya mengambil dari Lembang langsung. Kalau lagi macet musim liburan, lumayan penjualannya,” kata Bobby.

Bolu Susu Lembang.

Menurutnya, selain di Rancaekek, para penjual bolu ini bisa ditemukan di Cileunyi dan Ujungberung. Sementara dikutip dari web resminya, Bolu Susu Lembang atau BSL pertama kali diluncurkan di Ciwalk Bandung sebagai produk Cita Rasa Bandung 17 Desember 2017.

Kuliner ini dinamai BSL alasannya untuk mengenalkan Bandung terutama wilayah Lembang yang terkenal dengan peternakan sapi penghasil susu. Selain itu, produk ini menunjukkan bahwa susu dapat menjadi bahan dasar olahan sebuah produk bolu kukus yang enak untuk dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.

Harga bolu ini sesuai dengan varian, Original Rp33.000, Cokelat Rp34.000, Vanila Rp33.000. Produk BSL bertahan kurang lebih 3 hari pada suhu normal (tanpa pengawet) dan kurang lebih 7 hari penyimpanan dalam lemari pendingin. [Iman]