Banyak pilihan mengisi libur akhir pekan. Salah satu lokasi menarik untuk dikunjungi ialah kawasan selatan Bandung. Di sana ada banyak objek wisata, mulai wisata vulkanologi alias gunung berapi sampai wisata air.

Di kawasan selatan Jawa Barat tersebut seditaknya ada Kawah Putih yang berada di bawah kaki Gunung Patuha, Kabupaten Bandung. Kawah ini memiliki warna berubah-ubah apabila terkena sinar matahari. Secara umum, kawah putih merupakan kawah berwarna kehijauan dan diselimuti kabut asap tipis serta mengandung belerang sangat kuat.

Kawah tersebut menjadi andalan wisata vulkanologi. Tak kalah dengan wisata serupa di utara Bandung, yakni Gunung Tangkubanparahu.

Tak jauh dari Kawah Putih, ada Situ Patengan. Danau yang luasnya sekitar 45.000 hektar itu berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut. Makanya, Situ Patengan memiliki udara sangat sejuk.

Daya tarik dari Situ Patengan selain pemandangannya yang indah, adalah, pengunjung dapat naik ke perahu dan mengelilingi situ termasuk ke Pulau Asmara dan Batu Cinta. Pulau tersebut terletak di tengah danau berair jernih.

Data Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyatakan, kedua objek wisata tersebut kerap diserbu pengunjung terutama saat musim liburan.

Destinasi wisata di Jabar sedikitnya terdapat 1.480 objek wisata yang telah diinvetarisasi, yang mana dari jumlah tersebut, ada 70 objek potensial tersebar di 27 kota dan kabupaten, di antaranya Situ Patengan dan Kawah Putih.Dari jumlah objek wisata tersebut, Pemprov Jabar mengklaim jumlah kunjungan wisatawan nusantara ke Jabar mencapai 35-40 juta orang per tahun sementara tingkat kunjungan mancanegara mencapai satu juta orang per tahun. [Iman]