Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (Distan PHP) Pamekasan, memprediksi proyeksi lahan tembakau musim kemarau 2019 lebih luas dibanding 2018 lalu. Perkiraan itu disampaikan Kasi Produksi Perkebunan Distan PHP Pamekasan, Slamet Supriyadi.

Menurutnya, petani diuntungkan dengan hasil produksi tembakau tahun 2018. Sehingga kemungkinan tahun ini mengalami peningkatan, lantaran petani makin antusias untuk menambah luas lahan tanaman tembakaunya.

“Perkiraan kami luas tanaman tembakau tahun ini bisa mencapai 30 ribu hektar, lebih banyak dari musin tahun 2018 lalu yang luasnya 27,5 ribu hektar. Karena tahun lalu, petani banyak yang untung dari tanaman tembakau,” katanya, Selasa, 9 April 2019.

Lanjutnya, dari luas proyeksi lahan 30 ribu hektare tersebut diperkirakan mampu mengahasilkan tembakau kering seberat 19.500 ton, dengan asumsi cuaca musim kemarau sama dengan tahun 2018 lalu.

“Tanaman tembakau sangat bergantung pada kondisi iklim. Kalau cuaca musim kemarau tahun ini sama seperti tahun lalu, kami perkirakan produksi tembakau di Pamekasan bisa mencapai 19,5 ribu ton dari luas lahan 30 ribu hektar yang kami perkirakan,” katanya.***

Sumber: Koran Madura