Saat kita melancong ke Surabaya, banyak tempat penting dan menarik yang patut dikunjungi. Tapi dari semua tempat, ada satu yang sangat memikat, yakni House of Sampoerna. Ini merupakan sebuah museum kretek Indonesia yang terletak di jalan Taman Sampoerna 6, Surabaya.

Daya pikat dari House of Sampoerna adalah bangunannya yang bergaya kolonial Belanda dengan empat pilar besar yang menyangga gedung utama. Bangunan megah bergaya kolonial Belanda ini dibangun sekitar tahun 1862. Dulunya bangunan ini digunakan sebagai panti asuhan putra yang dikelola oleh pemerintah Belanda. Lalu, bangunan ini dibeli oleh Liem Seeng Tee pendiri Sampoerna pada tahun 1932 dan dijadikan tempat pertama produksi rokok Sampoerna. 

Disini, kita bisa mengenal sejarah kretek Indonesia. Saat kaki melangkah masuk ke dalam museum, aroma cengkeh akan menyambut. Bangunan ini berdiri dengan dua lantai, lantai pertama menjadi ruang pameran untuk segala hal yang berkaitan dengan produksi rokok Sampoerna. Mulai dari beberapa cengkeh yang digunakan untuk membuat rokok, pemantik rokok, replika warung rokok, alat pembuat, deretan foto, hingga sepeda tua yang digunakan pendiri Sampoerna untuk berjualan rokok, hingga peralatan marching band. Anda juga bisa melihat dari balik kaca transparan proses pembuatan rokok Sampoerna di lantai dua museum ini. 

Usai mengelilingi museum kretek ini, kita bisa rehat sambil mengisi perut di Cafe yang terletak di sebelah Art Galery. Cafe ini menyediakan berbagai jenis kopi dari Indonesia. Ada juga hamburger, sosis, sandwich, pasta maupun aneka makanan Asia lainnya. Bahkan pada hari dan jam tertentu ada pertunjukan live musik. 

Dalam setiap berkunjung ke suatu tempat, tentunya kita ingin memotret atau sekadar selfie. Nah disini banyak spot foto yang instagramable. Kita bisa berfoto di sebuah kolam ikan yang berada di ruangan pertama ketika melawati pintu masuk. Atau sudut-sudut lain dari House of Sampoerna yang sangat manarik.***