Pusat pendidikan dan kebudayaan Prancis, IFI Bandung, menyiapkan agenda khusus menyambut hari Valentine, yaitu “Hari Valentine à la Perancis (Saint Valentin à la française)”. Acara ini berupa nonton film-film unggulan Prancis, kursus bahasa Prancis, sampai makan malam gaya Prancis.

Film yang diputar dikemas lewat program Cinema d’Amour, di IFI Bandung, Jalan Purnawarman, Bandung, Kamis 14 Februari 2019 mulai pukul 14.00 – selesai.

Film tersebut yakni, “9 Mois Ferme” yang disutradara Albert Dupontel. Film ini mengisahkan Ariane Felder yang hamil. Ariane adalah seorang hakim muda dan dikonfirmasi wanita lajang dengan moral yang sangat ketat. Ariane, yang tidak dapat mengingat apa pun, mencoba memahami apa yang sebenarnya bisa terjadi dan apa yang ada di depannya.

Berikutnya film “Rengaine” yang disutradarai Rachin Djaïdani. Diambil gambarnya di jalanan, film Romeo and Juliet urban kontemporer tanpa anggaran ini adalah bagian dari surat cinta kepada energi Paris yang tak tertahankan, sebagian menyerukan toleransi antar-ras.

Lalu film “Jules Et Jim” garapan sutradara François Truffaut. Film ini banyak dipuji para kritikus sebagai salah satu film terhebat sepanjang masa, memenangkan penghargaan internasional ‘Jules and Jim’ berlatar sebelum dan sesudah Perang Dunia Pertama, dan menceritakan kisah dua siswa muda, Jules, seorang Austria, dan Jim, seorang Prancis, jatuh cinta pada Catherine yang cantik dan namun tak bisa diterka.

Program tak kalah menariknya ialah Belajar Bahasa Perancis Romantis. Reservasi program ini dapat dilakukan ke kursus.bandung@ifi-id.com / Subjek: Trial Class Valentine.

Kemudian ada acara “Valentine Dinner” oleh Apero Coffee and Co. Acara ini menyajikan makan malam ala prancis dengan menu spesial yang disiapkan oleh chef Simon dari Apero Coffee and Co, yang akan membawa lidahmu jalan-jalan ke Perancis. [Iman]